Kamis, 30 Juni 2022         PDII LIPI       LIPI       Halaman Depan »

» ISSN ONLINE kontak kami »

Nomor ISSN yang telah diterbitkan :

» Kata kunci : tahun permohonan  
Pisahkan kata kunci dengan spasi. Untuk melihat daftar ISSN lengkap, klik tombol CARI tanpa menuliskan kata kunci apapun... halaman sebelumnya »

Nomor ID : 1394675489
Tanggal permohonan : Kamis, 13 Maret 2014
Nama terbitan : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN CITRA BAKTI
Sinopsis : SINOPSIS Penelitian berjudul Pengembangkan Alat Ukur Pendidikan Karakter dan Kepekaan Moral Para Mahasiswa STKIP Citra Bakti Ngada menunjukkan hasil bahwa kepekaan moral mahasiswa tergolong pada kategori sangat tinggi. Penelitian berjudul Analisis Kebutuhan Pendidikan Multikultur Berbasis Budaya Lokal Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Bajawa menunjukkan hasil bahwa pendidikan multikultur berbasis budaya lokal sangat setuju dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan rata-rata 122 (sangat setuju). Penelitian berjudul Profil Pemahaman Konsep Ipa Guru-Guru Kelas Sekolah Dasar di Kabupaten Ngada menunjukkan bahwa guru memiliki beragam konsepsi terhadap suatu konsep yang telah dipelajari. Rata-rata pemahaman konsep ilmiah adalah sebesar 25 persen sedangkan 75 persen adalah miskonsepsi dan bukan miskonsepsi (hanya mengulang soal sebagai alasan). Penelitian berjudul Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Bajawa Tahun Pelajaran 2013/2014 menunjukkan bahwa dari skor hasil belajar matematika siswa diperoleh rata-rata pada kelompok eksperimen adalah 7,44 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 4,40. Hal ini berarti bahwa hasil belajar matematika pada siswa yang belajar dengan menggunakan model STAD lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar metematika yang menggunakan model konvensional. Penelitian berjudul Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar IPS Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif STAD Berbantuan Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas VA SDI Bobou Kabupaten Ngada menunjukkan bahwa (1) Rata-rata prestasi belajar IPS pada siklus I 74,16 dengan kategori cukup tinggi, daya serap siswa 74 persen, dan ketuntasan klasikal 83,33 persen. Pada tindakan siklus kedua rerata siswa adalah 82,55 dengan kategori tinggi, daya serap siswa 82 persen, dan ketuntasan klasikal 100 persen. (2) Rata-rata motivasi belajar pada siklus pertama yaitu 29,58 dengan kategori cukup tinggi, dan rata-rata motivasi pada siklus kedua yaitu 32,79 dengan kategori tinggi. Penelitian berjudul Kajian Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Oleh Guru-Guru SD di Kecamatan Jerebuu menunjukkan bahwa guru memperoleh pengetahuan PTK dari Perguruan tinggi. Hanya 8 persen guru SD di Jerebuu yang telah melaksanakan PTK. Guru-guru yang melaksanakan PTK adalah guru yang berstatus sebagai mahasiswa. Penelitian berjudul Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru-Guru Non Sarjana Sekolah Dasar di Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada tingkat keterampilan dasar mengajar guru-guru non sarjana di Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada ada pada kategori cukup terampil. Empat aspek ada pada kategori terampil yaitu aspek keterampilan membuka dan menutup, memberi penguatan, mengadakan variasi dan mengajar perseorangan dan kelompok kecil. Sedangkan empat aspek ada pada kategori cukup terampil yaitu aspek keterampilan menjelaskan, mengelola kelas, bertanya dan membimbing diskusi. Penelitian berjudul Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Setting Kelas Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kinerja Ilmiah Siswa Kelas V SD Inpres Nirmala Tahun Ajaran 2013/2014 menunjukkan bahwa Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Berdasarkan persentase skor kinerja ilmiah siswa pertemuan pertama dan kedua diperoleh hasil bahwa pesentase rata-rata kinerja ilmiah siswa pada siklus I adalah 69,68 persen, 2). Kinerja ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SDI Nirmala, Kecamatan Golewa Selatan, Kabupaten Ngada pada siklus I adalah cukup aktif, 3). Persentase pemahaman konsep siswa pada siklus I adalah 67 persen berada pada interval 65 persen - 79 persen atau berada dalam kategori “sedang”, 4). persentase skor kinerja ilmiah siswa pertemuan pertama dan kedua diperoleh hasil bahwa pesentase rata-rata kinerja ilmiah siswa pada siklus I adalah 94,72 persen, 5). kinerja ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SDI Nirmala, Kecamatan Golewa Selatan, Kabupaten Ngada pada siklus II adalah sangat aktif, 6). Persentase rata-rata pemahaman konsep siswa pada siklus II mencapai 82,6 persen kategori “tinggi” dan ketuntasan secara klasikal mencapai 100 persen. Penelitian berjudul Tingkat Penguasaan Kompetensi Pedagogik Guru SD Di Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada menunjukkan bahwa tingkat penguasaan kompetensi pedagogik guru SD berada pada kriteria “Sangat Baik” dengan rata-rata 472,3 atau 82,86 persen Penelitian berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdk Regina Pacis Tahun Pelajaran 2012/2013 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F = 23,90 ; p < 0,05).
Pengelola : LEMBAGA PENELITIAN dan PENGABDIAN MASYARAKAT STKIP CITRA BAKTI
» http://www.stkipcitrabaktingada.com
Kontak : DIMAS QONDIAS, S.Pd.,M.Pd
STKIP CITRA BAKTI NGADA: JL Bajawa-Ende, Malanuza, Mataloko, Ngada, Flores-NTT.
» Tel / fax : 082145745701 /
» Sampul depan [ 174.546 bita ]
Penerbit : LEMBAGA PENELITIAN dan PENGABDIAN MASYARAKAT STKIP CITRA BAKTI
Frekwensi terbitan : 1 tahunan
Nomor ISSN : 2355-5106 (media cetak)
Keterangan : (mulai edisi Vol. 1, Maret 2014)

» URL pendek : http://u.lipi.go.id/1394675489
» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi melalui Facebook
» berbagi melalui Twitter
» markah halaman ini

1363 kali diakses »
9 kali dicetak »
0 kali dikirim »

Dikelola oleh PDII dan TGJ LIPI Hak Cipta © 2007-2022 LIPI